7 kesalahan dalam melamar pekerjaan TI

Posted by Unknown Wednesday, February 9, 2011 0 comments

Mau tau hal-hal saja yang mesti di hindari ketika melamar sebuah pekerjaan yang berbau teknis/komputer?silahkan simak tujuh kiat yang kami kutip dari computerworld berikut ini .
Kesalahan

1: Tujuan tidak jelas
Jangan cantumkan kalimat “saya mencari posisi yang menawarkan karier yang lebih menantang dan lebih menarik “.itu kalimat umum dan tiada artinya bagi perusahaan yang sedang mencari seorang admin jaringan ,staf database ,atau pengelola situs web .Akan lebih baik jika anda menyampaikan sesuatu yang berkaitan langsung dengan posisi yang dilamar .pertama,perlihatkan bahwa anda memahami anda memahami bagaimana teknologi berdampak pada bisnis .kedua,pertimbangkan apakah sebaiknya tujuan anda disampaikan atau tidak.
Kesalahan

2: Keahlian usang
Tanpa bermaksud merendahkan suatu kemampuan yang sudah berkembang di waktu lampau , baiknya pertimbangkan dulu apakah keahlian yang anda miliki masih relevan dengan posisi yang anda incar .sebut saja DOS 3.2, Windows 3.11 CNE .lebih baiknya informasi tersebut anda lampirkan di bagian diskripsi pekerjaan . namun jika keahlian tersebut –meskipun sudah lama ada –esensial bagi pekerjaan ,anda harus mencantumkan di surat lamaran.
Kesalahan

3: hati-hati akronim
Pekerjaan TI ,khususnya di bidang jaringan ,melibatkan banyak akronim . Anda harus berhati-hati ,karena percantumannya banyak akronim hanya akan menghabiskan ruang . Jadi cantumkan seperlunya saja . Misal , sebagai admin jaringan yang menguasai pernak-pernik router LAN , anda pasti memahami TCP/IP ,TFTP ,VLSM ,VLAN ,dan laain-lain.Anda perlu mencantumkan semua itu di surat lamaran tapi harus siap menjawab saat di wawancarai .
Kesalaahan

4 : Salah jargon
Hati-hati mengunakan jargon indrusti karena salah sebut jargon justru akan menuding anda kurng pengalaman.Secara teknis ,jargon tersebut mungkin benar . Namun istilah tersebut jarang di gunakan sebagai istilah sehari-hari dalam dunia kerja yang sebenarnya .Ingat ,jangan pula mengunakan kata-kata yang anda tidak yakin paham artinya.
Kesalahan

5 : Tidak pahaam posisi
Apapun posisi yang anda incar , pahami betul makna dari posisi tersebut dan benar-benar mencari tahu apa yang di harapkan perusahaan dari posisi tersebut . Bisa jadi pelamar pakar dalam hal mengkonfigurasi ,melakukan tugas-tugas administrasi , dan memelihara server berbasisi Windows , tapi tak punya pengalaman mengkofigurasi switch dan router . Padahal posisi yang di lamar mencantumkan kata “network”.
Kesalahan

6 : pengalaman tidak jelas
Beri keterangan yang jelas pada bagian pengalaman kerja . Misalnya, ketika melamar posisi admin jaringan di koorporasi besar , pastikan anda memiliki pengalaman yang di isyaratkan .Benarkah anda memiliki paham seluk-beluk router enterprise ? jangan beransumsi bahwa mensetup router linksys sudah memenuhi syarat .Alih-alih anda malah di anggap tidak mengerti perbedaan antara jaringan SOHO dan enterprise.
Kesalahan

7 : Lupa tujuan
Ingat, surat lamaran anda di tujukan kepada seorang profesional di bidang teknologi .Bagian SDM atau personalia memang ikut menelaah surat lamaaran , tapi supervisor di posisi itulah akan menentukan mana pelamar yang akan di wawancara . Cara mudah nya ,bila anda melamar posisisebagai admin jaringan ,mengapa tidak minta teman yang sudah duduk di posisi itu itu untuk ikut menbaca surat lamaran anda? Apakah kira-kira surat lamaran tersebut cukup “berbicara”tentang keahlian anda di bidang jaringan?
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Judul: 7 kesalahan dalam melamar pekerjaan TI
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://wawasan-iptek.blogspot.com/2011/02/7-kesalahan-dalam-melamar-pekerjaan-ti_09.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan jejak anda

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of wawasan teknologi.